Apakah Dalil/Hadis Yg Mengatakan Nabi Seorang Yg Buta Huruf..??

View previous topic View next topic Go down

Apakah Dalil/Hadis Yg Mengatakan Nabi Seorang Yg Buta Huruf..??

Post by Amie on Wed Nov 30, 2011 3:56 am

Seperti Tajuk Diatas.. Siapa2 Yg Boleh Memberi Pencerahan Untuk Pertanyaan Diatas.. Terima Kasih..

_________________
I Smell Magic In The Air..

Amie
AHLI
AHLI

Posts : 9
Points : 13
Join date : 27/11/2011
Age : 31
Location : Jeram, Kapar, Klang, Kota Kemuning.

Back to top Go down

Re: Apakah Dalil/Hadis Yg Mengatakan Nabi Seorang Yg Buta Huruf..??

Post by zayed on Wed Nov 30, 2011 6:29 am

ada dua perspective ummi
- tak tahu membaca/menulis langsung; atau
- tidak mempunyai pengetahuan langsung tentang perihal kisah/kitab terdahulu

boleh dibincangkan

zayed
AHLI
AHLI

Posts : 4
Points : 4
Join date : 27/11/2011

Back to top Go down

Re: Apakah Dalil/Hadis Yg Mengatakan Nabi Seorang Yg Buta Huruf..??

Post by Amie on Wed Nov 30, 2011 7:14 am

zayed wrote:ada dua perspective ummi
- tak tahu membaca/menulis langsung; atau
- tidak mempunyai pengetahuan langsung tentang perihal kisah/kitab terdahulu

boleh dibincangkan

Terima kasih saudara atas sedikit pencerahan.. menunggug sumber dalil dan hadis sekarang.. kemudian saya harap ada perbincangan selepas itu..

_________________
I Smell Magic In The Air..

Amie
AHLI
AHLI

Posts : 9
Points : 13
Join date : 27/11/2011
Age : 31
Location : Jeram, Kapar, Klang, Kota Kemuning.

Back to top Go down

Re: Apakah Dalil/Hadis Yg Mengatakan Nabi Seorang Yg Buta Huruf..??

Post by zayed on Wed Nov 30, 2011 8:57 am

الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الرَّسُولَ النَّبِيَّ الأُمِّيَّ الَّذِي يَجِدُونَهُ مَكْتُوبًا عِنْدَهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَالإِنجِيلِ يَأْمُرُهُمْ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَاهُمْ عَنْ الْمُنكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمْ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمْ الْخَبَائِثَ وَيَضَعُ عَنْهُمْ إِصْرَهُمْ وَالأَغْلالَ الَّتِي كَانَتْ عَلَيْهِمْ فَالَّذِينَ آمَنُوا بِهِ وَعَزَّرُوهُ وَنَصَرُوهُ وَاتَّبَعُوا النُّورَ الَّذِي أُنزِلَ مَعَهُ أُوْلَئِكَ هُمْ الْمُفْلِحُونَ

(surah al-a'raf: 157)


عن ابن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال : " إنَّا أمَّة أمِّيَّة لا نكتب ولا نحسب الشهر هكذا وهكذا يعني مرة تسعة وعشرين ومرة ثلاثين ". رواه البخاري ( 1814 ) ومسلم ( 1080 )

zayed
AHLI
AHLI

Posts : 4
Points : 4
Join date : 27/11/2011

Back to top Go down

Re: Apakah Dalil/Hadis Yg Mengatakan Nabi Seorang Yg Buta Huruf..??

Post by Amie on Wed Nov 30, 2011 10:01 am

zayed wrote:الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الرَّسُولَ النَّبِيَّ الأُمِّيَّ الَّذِي يَجِدُونَهُ مَكْتُوبًا عِنْدَهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَالإِنجِيلِ يَأْمُرُهُمْ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَاهُمْ عَنْ الْمُنكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمْ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمْ الْخَبَائِثَ وَيَضَعُ عَنْهُمْ إِصْرَهُمْ وَالأَغْلالَ الَّتِي كَانَتْ عَلَيْهِمْ فَالَّذِينَ آمَنُوا بِهِ وَعَزَّرُوهُ وَنَصَرُوهُ وَاتَّبَعُوا النُّورَ الَّذِي أُنزِلَ مَعَهُ أُوْلَئِكَ هُمْ الْمُفْلِحُونَ

(surah al-a'raf: 157)


عن ابن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال : " إنَّا أمَّة أمِّيَّة لا نكتب ولا نحسب الشهر هكذا وهكذا يعني مرة تسعة وعشرين ومرة ثلاثين ". رواه البخاري ( 1814 ) ومسلم ( 1080 )

"Iaitu orang-orang yang mengikut Rasulullah (Muhammad s.a.w) Nabi yang Ummi, yang mereka dapati tertulis (namanya dan sifat-sifatnya) di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka. Ia menyuruh mereka dengan perkara-perkara yang baik, dan melarang mereka daripada melakukan perkara-perkara yang keji; dan ia menghalalkan bagi mereka segala benda yang baik, dan mengharamkan kepada mereka segala benda yang buruk; dan ia juga menghapuskan dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya, dan memuliakannya, juga menolongnya, serta mengikut nur (cahaya) yang diturunkan kepadanya (Al-Quran), mereka itulah orang-orang yang berjaya. (surah al-a'raf: 157)

Yg nie saya baru sahaja jumpa..

Dia lah yang telah mengutuskan dalam kalangan orang-orang (Arab) yang Ummiyyin, seorang Rasul (Nabi Muhammad s.a.w) dari bangsa mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah (yang membuktikan keesaan Allah dan kekuasaanNya), dan membersihkan mereka (dari iktiqad yang sesat), serta mengajarkan mereka Kitab Allah (Al-Quran) dan Hikmah (pengetahuan yang mendalam mengenai hukum-hukum syarak). Dan sesungguhnya mereka sebelum (kedatangan Nabi Muhammad) itu adalah dalam kesesatan yang nyata. ( Surat Al-Jumu`ah : 2 )

Maaf.. untuk hadis dari umar tu.. buleh terjemah x?? saya cari dari lidwa x jumpa lak.. jadi kesimpulannya.. adakah nabi benar2 buta huruf dengan maksud tidak mengenali huruf.. tapi mengenal bentuk huruf..?? atau nabi sebenarnya buta huruf pada awal permulaan penurunan wahyu.. kemudian sedikit demi sedikit mengenal huruf..??

Saya buat pertanyaan seperti ini.. kerana saya mendengar dari seorang Hamba Allah yg menafsir Al-Quran mengatakan nabi tidak buta huruf.. tetapi.. tidak pandai menafsir ayat2 Allah Jadi kesimpulan mereka.. kita yg dapat kitab Al-Quran nie.. kena tafsir sendiri.. kena kaji ( tadabbur ) tanpa menggunakan tafsir2 dari ulamak2 terdahulu.. ( dah rasa mcm Anti Hadis punya geng pulak) tafsir ikut akal sendiri.. Mohon Pencerahan dari semua..

_________________
I Smell Magic In The Air..

Amie
AHLI
AHLI

Posts : 9
Points : 13
Join date : 27/11/2011
Age : 31
Location : Jeram, Kapar, Klang, Kota Kemuning.

Back to top Go down

syaikh saleh munajjid

Post by thtl on Wed Nov 30, 2011 11:04 am

Khilaf, yg rajih, ia balik pada makna asal ummi, buta huruf:
kita kemukakan pandangan syaikh Saleh al-Munajjid, Islam QnA
--------------------------
Adakah dalil bahwa Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam tidak bica membaca dan menulis?

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah.

Allah berfirman:

"Orang-orang yang mengikuti Rasul, seorang nabi yang ummi yang mereka temukan (namanya) tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada pada mereka, yang menyuruh mereka kepada yang ma'ruf dan melarang mereka dari yang mungkar, yang menghalalkan bagi mereka semua yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya, dan mengikuti cahaya yang diturunkan kepadanya. Mereka itulah orang-orang yang beruntung." (Q.S. Al-A'raaf: 157)

Al-Qurthubi ketika menafsirkan ayat ini berkata: "Firman Allah pada al-ummi, berkata Ibnu Abbas Radhiyallahu 'anhu : Nabi kalian Shalallahu 'Alaihi Wassalam adalah buta huruf tidak bisa menulis, membaca dan berhitung. Allah berfirman:

"Dan kamu (Muhammad) tidak pernah membaca satu kitab pun sebelumnya dan tidak pernah menulis satu kitab pun dengan tangan kananmu." (Q.S. Al-Ankabuut: 48)"

Ibnu Katsir berkata ketika menafsirkan ayat yang terakhir ini: "Kemudian Allah berfirman: "Dan kamu tidak pernah membaca membaca satu kitab pun sebelumnya dan tidak pernah menulis dengan tangan kananmu", artinya kamu telah tinggal di tengah kaummu, hai Muhammad, sebelum kamu datang dengan Qur'an ini, sedang kamu tidak bisa membaca kitab dan tidak dapat menulis, bahkan setiap orang dari kaummu dan selain mereka mengetahui bahwa kamu seorang yang buta huruf yang tidak bisa membaca dan menulis. Dan ini adalah sifat beliau yang tercantum di dalam kitab-kitab terdahulu sebagaimana firman Allah: "Orang-orang yang mengikuti Rasul, seorang nabi yang ummi yang mereka temukan (namanya) tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada pada mereka, yang menyuruh mereka kepada yang ma'ruf dan melarang mereka dari yang mungkar". Demikianlah keadaan Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassalam selamanya sampai hari kiamat, tidak bisa menulis, baik satu baris ataupun satu huruf dengan tangannya. Bahkan, beliau mempunyai catatan yang ditulis oleh para shahabat berupa wahyu dan surat-surat ke beberapa negeri. Allah berfirman: "Dan kamu tidak pernah", artinya tidak pernah membaca "Sebuah kitab pun sebelumnya." Ini untuk menguatkan ketidakpernahan tadi. "Dan tidak pernah menulis dengan tangan kananmu." Inipun menguatkan juga. Dan firman Allah: "(Andai kamu bisa membaca dan menulis) pasti ragulah orang-orang yang mengingkarimu," artinya kalau kamu bisa menulis pasti beberapa orang yang bodoh akan ragu, lalu akan berkata: "Kamu hanyalah mengetahui ini dari kitab-kitab sebelumnya yang diambil dari para nabi, padahal mereka mengetahui bahwa Nabi ini buta huruf, tidak bisa menulis, "Dan mereka berkata: 'Ini adalah dongeng-dongeng masa lalu yang dituliskannya'."

Dan Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

"Dialah yang telah mengutus seorang rasul dari kalangan mereka ke tengah ummat yang ummi yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, mensucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka tentang kitab dan hikmah padahal sebelumnya mereka berada dalam kesesatan yang nyata." (Q.S. Al-Jumu'ah: 2)

Al-Qurthubi berkata ketika menafsirkan ayat ini: "Al-Ummiyyun adalah orang-orang yang tidak bisa menulis. Demikianlah keadaan orang-orang Quraisy dulu. Manshur meriwayatkan dari Ibrahim, dia berkata: Al-Ummiy adalah orang yang tidak bisa membaca dan menulis. "Seorang rasul dari mereka," artinya Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam, dia seorang ummi tidak bisa membaca dan menulis dan tidak pernah belajar.

Berkata Al-Marwadi: "Bila ditanyakan: apakah bentuk karunia dalam hal diutusnya seorang Nabi yang ummi? Maka jawabnya adalah ada tiga bentuk. Pertama: Untuk menunjukkan sesuainya keadaan dia dengan kabar dari nabi-nabi sebelumnya.

Kedua: Agar keadaannya sesuai dengan keadaan mereka (kaumnya) sehingga lebih memungkinkan diterima.

Ketiga: Untuk menghindari buruk sangka dalam mengajarkan apa-apa yang didakwahkannya berupa kitab yang dia baca dan hikmah-hikmah yang dia sampaikan." Menurut pendapatku, semua itu merupakan dalil mukjizatnya dan bukti kenabiannya. [Selesai kutipan ringkas dari Tafsir Al-Qurthubi].
Islam Tanya & Jawab
Syeikh Muhammad Sholih Al-Munajid

-----------------------------

thtl
Admin
Admin

Posts : 9569
Points : 10341
Join date : 24/11/2011

Back to top Go down

Re: Apakah Dalil/Hadis Yg Mengatakan Nabi Seorang Yg Buta Huruf..??

Post by thtl on Wed Nov 30, 2011 11:05 am

ahlan,

Zayed mana ni? zayed esso shah alam ka?

thtl
Admin
Admin

Posts : 9569
Points : 10341
Join date : 24/11/2011

Back to top Go down

Re: Apakah Dalil/Hadis Yg Mengatakan Nabi Seorang Yg Buta Huruf..??

Post by Amie on Wed Nov 30, 2011 11:22 am

Terima kasih tuan THTL atas respon.. pencerahan yg mantap.. rabbit

_________________
I Smell Magic In The Air..

Amie
AHLI
AHLI

Posts : 9
Points : 13
Join date : 27/11/2011
Age : 31
Location : Jeram, Kapar, Klang, Kota Kemuning.

Back to top Go down

Re: Apakah Dalil/Hadis Yg Mengatakan Nabi Seorang Yg Buta Huruf..??

Post by zayed on Wed Nov 30, 2011 1:42 pm

thtl wrote:ahlan,

Zayed mana ni? zayed esso shah alam ka?

Laughing Laughing

shell daaaa

zayed
AHLI
AHLI

Posts : 4
Points : 4
Join date : 27/11/2011

Back to top Go down

Re: Apakah Dalil/Hadis Yg Mengatakan Nabi Seorang Yg Buta Huruf..??

Post by thtl on Wed Nov 30, 2011 1:56 pm

TQ bro..kohkoh. esso/shell lebih kuranglaa...semua uncle sam punya.

cantiklah hang masuk sini, thtl dah kena cantas dari afn laa...ada mastermind kat situ...depa ingat afn tu kayo macam shell...

thtl
Admin
Admin

Posts : 9569
Points : 10341
Join date : 24/11/2011

Back to top Go down

Re: Apakah Dalil/Hadis Yg Mengatakan Nabi Seorang Yg Buta Huruf..??

Post by Sponsored content Today at 9:53 am


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum